Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Isu Corona Merebak di Bali, Pesanan 40 Ribu Kamar Hotel Dibatalkan

Published

on

ACEHTIMES.ID | JAKARTA– Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan, isu wabah virus korona telah membuat 40 ribu pesanan kamar hotel yang berada di Bali dibatalkan.

“Dampak virus korona menyebabkan 40 ribu pesanan kamar hotel di Bali dibatalkan,” kata dia di Hotel Millenium, Jakarta, Rabu (12/2).

Saat ini, mayoritas turis di Bali merupakan wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok. “Dampaknya sangat besar sekali, apalagi saat ini kontribusi wisatawan asal Tiongkok yang datang ke Indonesia khususnya Bali dan Manado hampir dua juta wisatawan,” jelas dia.

Para pengusaha hotel merasakan betul dampak minimnya kunjungan wisman ke Indonesia. Tingkat penghunian kamar atau okupansi menurun hingga 40 persen.

“Hotel okupansinya menurun. Hal ini juga mempengaruhi operator hotel, pendapatan turun karena sektor pariwisata ini menampung banyak tenaga kerja,” kata dia. | TS 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI & BISNIS

Krisis Ekonomi Sudah Dekat? Ini Kata Rizal Ramli

Published

on

ACEHTIMES.ID | JAKARTA– Gonjang ganjing ekonomi era Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelas sangat dirasakan masyarakat Indonesia. Banyak kebijakan ekonomi justru memberatkan rakyat. Menuju ke arah krisis ekonomi?

Ekonom senior, DR Rizal Ramli mengungkapkan, kondisi ekonomi RI saat ini, betul-betul berada di tebir jurang. Indikatornya sederhana saja, jumlah utang terus membengkak yang melahirkan pelemahan ekonomi RI.

Pada 1996, Rizal mengaku telah memprediksikan krisis ekonomi yang akan terjadi pada tahun 1997/1998. “Bulan Oktober 1996, DR RIzal Ramli menerbitkan perkiraan Econits Economic Outlook 1977, bahwa ekonomi Indonesia bakal mengalami krisis 1997/1998. 

Rizal Ramli satu-satunya ekonom yang memperkirakan Krisis Ekonomi 1998 dua tahun sebelum terjadi,” ujarnya, dikutip dari keterangan tertulis di Jakarta.

Namun demikian, tak sedikit yang mencoba mematahkan analisa mantan anggota tim panel penasehat ekonomi PBB ini. 

“Perkiraan itu dibantah oleh analis dalam negeri dan luar neger, dibantah oleh Menkeu dan Gubernur BI. Perkirran saya ini bisa terjadi, karena berdasarkan utang swasta yg kelewatan, defisit current account besar, overvaluasi rupiah dan kelemahan struktural dalam perbankan Indonesia,” ungkap mantan Menko Ekuin era Presiden Gus Dur ini.

Rizal menilai, krisis ekonomi di Indonesia yang terjadi pada 1997/1998, merupakan sejarah buruk, karena merupakan krisis terbesar di Asia.

 “Krisis ekonomi Indonesia 1997/98 menjadi krisis ekonomi terbesar di Asia, ekonomi Indonesia anjlok dari rata2 6% pertahun menjadi minus 12.9% pada 1998. Pejabat-pejabat ekonomi RI selalu melakukan self-denial (penolakan realita) dengan selalu mengatakan bahwa fundamental ekononomi RI bagus,” kenang Bang RR, sapaan akrabnya.

Ironisnya, lanjut mantan Menko Kemaritiman di Kabinet Indonesia Kerja besutan Jokowi ini, pejabat negara justru mengulangi cara yang sama dalam menyelesaikan permasalah ekonomi di Indonesia.

 “Dua tahun terakhir, pejabat2 Indonesia mengulang kebiasaan buruk yakni self-denial bahwa kondisi ekonomi semakin memburuk, tanpa kemampuan melakukan inovasi dan terobosan kebijakan untuk turn-around. Kita dapat menghindari krisis, tapi tidak dengan cara-cara lama,” tutupnya. | Inilah

Continue Reading

EKONOMI & BISNIS

Gubernur Minta Bank Aceh Syariah Optimalkan Pembiayaan UMKM

Published

on

ACEHTIMES.ID | BANDA ACEH – Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta Bank Aceh Syariah untuk mengoptimalkan pembiayaan untuk sektor UMKM dan produktif lainnya.

“Pertumbuhan pembiayaan untuk sektor produktif di Bank Aceh terus mengalami pertumbuhan dan saya minta agar dapat mencapai 20 persen,” kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Banda Aceh, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela malam penganugerahan Sayembara Desain Gedung Kantor Pusat Bank Aceh Syariah yang berlangsung di Banda Aceh.

Ia menjelaskan sebagai bank milik Pemerintah Daerah, Bank Aceh Syariah memegang peranan penting untuk menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Peranan itu dapat dilakukan dengan mengoptimalkan pembiayaan kepada pelaku usaha dan UMKM di Aceh yang tidak hanya meningkatkan pertumbuhan pembiayaan, tapi juga memberi dampak ekonomi kepada masyarakat dan pelaku usaha.

Ia juga mengatakan Bank Aceh Syariah juga dapat berkolaborasi dengan BUMG dengan memberikan pembiayaan pada sektor usaha yang ada sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan secara berkelanjutan.

“Kami berharap target pembiayaan produktif yang harus disalurkan oleh bank Aceh harus dapat terealisasi dalam tahun ini,” katanya.

Ia menambahkan dana  yang dialokasikan baik melalui APBN, APBA, APBK dan Desa merupakan dana stimulan dan Bank Aceh Syariah dapat berkolaborasi untuk meningkatkan pengembangan dari dana awal yang telah ada.

Direktur Utama Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman mengatakan untuk meningkatkan pembiayaan untuk UMKM pihaknya telah membentuk UKM center yang bertujuan memberikan pembiayaan kepada pelaku usaha yang ada di provinsi setempat.

“Kami terus berupaya meningkatkan pembiayaan kepada seluruh pelaku UMKM dan target kita melebihi dari yang telah disyaratkan oleh otoritas,” katanya. | ANT

Continue Reading

EKONOMI & BISNIS

Virus Korona Mengganas, Harga Emas Dunia Melesat

Published

on

ACEHTIMES.ID | NEW YORK – Harga emas melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari satu minggu pada perdagangan Kamis waktu setempat setelah adanya peningkatan tajam korban yang meninggal dalam jumlah kasus baru virus korona di China. 

Hal ini kembali membuat kekhawatiran investor atas dampak ekonomi global dan membujuk investor mencari aset berisiko rendah. 

China melaporkan peningkatan kematian karena virus korona dan ribuan infeksi lainnya setelah adopsi metodologi baru untuk diagnosis, sementara Jepang menjadi negara ketiga di luar China yang paling banyak korban meninggal karena virus korona. 

Tercatat, harga emas di pasar spot naik 0,7% menjadi USD1.576,32 per ounce, setelah menyentuh level tertinggi sejak 4 Februari. Pada awal sesi di USD1.577,81. Sementara, untuk harga emas berjangka AS menetap 0,5% menjadi USD1.578,80. 

“Emas akan terus naik sampai pasar yakin sejauh mana virus bisa hilang,” kata ahli strategi pasar senior di RJO Futures Bob Haberkorn. 

“Kami mendapat berita yang saling bertentangan semalam tentang perjalanan epidemi. Kami tidak yakin bagaimana China menangani situasi ini,” ujarnya. 

Sementara itu, pasar saham global juga melemah dari rekor tertinggi karena lonjakan kasus baru virus korona di China. 

Emas sering digunakan sebagai penyimpan nilai yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan. 

“Bahkan sebelum ada corona virus, emas sedang didukung oleh kebijakan yang mudah oleh bank sentral global dan mereka tidak akan segera mengubah haluan,” kata Haberkorn. | Okezone

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: