Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Migrasi ATM eks BRI Syariah capai 85 persen di Aceh

Acehtimes

Published

on

ACEHTIMES.ID | BANDA ACEH – Bank Syariah Indonesia (BSI) Regional Aceh menyatakan migrasi anjungan tunai mandiri (ATM) eks milik BRI Syariah telah mencapai 85 persen dari total 450 unit.

“Alhamdulillah, pengalihan ATM BRI Syariah ke Bank Syariah Indonesia sudah  mendekati 100 persen atau sebanyak 383 unit di seluruh Aceh,” kata CEO Bank Syariah Indonesia (BSI) Regional Aceh, Nana Hendriana di Banda Aceh, Rabu.

Ia menyebutkan dari hampir 900 unit ATM yang dimiliki BSI di Aceh, sekitar 450 unit ATM berasal dari BRI Syariah.

Seluruh ATM milik BRI Syariah tersebut terus dilakukan migrasi oleh tim teknisi informasi yang ditugasi di provinsi ujung paling barat Indonesia.

“Insya Allah seluruh ATM BSI akan berfungsi optimal guna memberikan pelayan terbaik kepada seluruh nasabah di Aceh,” katanya.

Untuk proses penyatuan sistem akan berlangsung pada 7 Juni 2021.

Ia menambahkan penyatuan sistem atau roll out adalah proses yang dilaksanakan untuk memaksimalkan layanan sehingga nasabah tidak perlu khawatir karena pelayanan yang akan diterima akan berjalan seperti biasa.

“Penyatuan ini bertujuan memaksimalkan layanan yang sebelumnya terdapat BNI syariah, Syariah Mandiri dan BRI Syariah yang nantinya menjadi dalam satu sistem yakni BSI,” katanya. | antara

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI & BISNIS

Aceh Sokong 8% Pangsa Pasar Perbankan Syariah Nasional

Acehtimes

Published

on

Ilustrasi | foto net

ACEHTIMES.ID | JAKARTA – Bank Syariah Indonesia atau BSI optimis bahwa keberadaan ekonomi syariah menjadi salah satu pendorong pemulihan ekonomi nasional. Hal ini ditunjang oleh integrasi aspek komersial dan sosial yang diterapkan oleh bank syariah dan menjadi model dalam membangun resiliensi ekonomi berbasis ekosistem halal.

Salah satu provinsi dengan pangsa pasar syariah terbesar di Indonesia adalah Aceh. Kepala Ekonom PT. Bank Syariah Indonesia Tbk, Banjaran Surya Indrastomo menyampaikan, berdasarkan data OJK 2021, perbankan syariah di Serambi Mekah itu memiliki pangsa 8% terhadap total nilai industri perbankan syariah nasional.

Untuk Aceh sendiri, aset perbankan syariah mencapai Rp48,90 Triliun (share 8,08%), dana pihak ketiga Rp36,25 Triliun (share 7,67%) dan pembiayaan Rp29,65 Triliun (share 7,48%).

Adapun sektor unggulan di wilayah Aceh meliputi pertanian, perburuan, kehutanan, dan perikanan; pengadaan listrik, gas, air, pengolahan sampah, limbah, dan daur ulang; real estate dan jasa perusahaan; jasa pendidikan; dan jasa kesehatan dan kegiatan sosial.

Banjaran menambahkan, ekonomi Aceh pada kuartal II tahun 2021 ini diperkirakan dapat tumbuh sampai 2,30%, sejalan dengan pemulihan ekonomi nasional.

“Stimulus pemerintah mulai dari PEN, relaksasi PPnBM, DP Pembiayaan KPR 0%, Insentif Pariwisata, serta relaksasi restrukturisasi nasabah terdampak Covid-19 menjadi driving faktor pertumbuhan ekonomi di Aceh,” ujar Banjaran di Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Hingga saat ini, BSI terus memperkuat layanan digital. Konsistensi ini berhasil mendorong peningkatan volume transaksi kanal digital BSI yang tercatat mencapai Rp40,85 triliun pada Maret 2021. Kontribusi terbesar volume transaksi tersebut berasal dari layanan BSI Mobile yang naik 74,89% secara tahunan (year-on-year/yoy). | inews

 

Continue Reading

EKONOMI & BISNIS

Gara-gara Cristiano Ronaldo, Coca Cola Kehilangan Rp56

Acehtimes

Published

on

ACEHTIMES.ID | JAKARTA – Produsen minuman Coca Cola harus kehilangan nilai pasar (market value) sebesar US$4 miliar, setara Rp56 triliun (kurs Rp14 ribu) pada perdagangan Senin (14/6). Mengutip givemesport, kejatuhan nilai pasar Coca Cola tersebut dipicu oleh aksi bintang sepakbola dunia, Cristiano Ronaldo.

Pada konferensi pers jelang laga Hungaria vs Portugal di Euro 2020, Ronaldo menyingkirkan dua botol Coca Cola di hadapannya hingga tidak tertangkap oleh kamera. Pemain asal Portugal itu menggantinya dengan air putih.

Padahal, Coca Cola merupakan salah satu sponsor gelaran Euro 2020 tersebut.

Melansir dari The Athletic Rabu (16/6), saham Coca Cola masih berada pada level US$56,1 per saham ketika pasar saham dibuka pada awal pekan. Sayangnya, setelah konferensi berakhir saham produsen minuman berkarbonasi itu turun menjadi US$55,2 per saham.

Itu berarti, saham Coca Cola turun 1,6 persen yang diikuti dengan penurunan nilai pasar sebesar US$4 miliar.

Saham dengan kode “KO” tersebut masih berada di zona merah pada penutupan perdagangan Selasa (15/6). Tercatat, saham Coca Cola turun 0,25 persen ke level US$55,41 per saham.

Pemain yang terkenal dengan julukan CR7 itu tidak hanya menjauhkan Coca Cola dari jangkaun kamera. Dia juga menampilkan mimik muda tidak senang seolah memberikan pesan penting kepada pendukungnya.

“Minumlah air, bukan Coke (Coca-Cola),” ujar Ronaldo dikutip dari Doentes por Futebol sembari mengangkat botol air mineral.

Aksi Ronaldo itu direspons oleh pihak Coca Cola.Menurut Coca Cola, setiap orang memiliki selera masing-masing soal minuman.

“Pemain ditawari air, bersama Coca Cola dan Coca Cola Zero Sugar, pada saat datang di ruang konferensi pers kami,” kata juru bicara Coca Cola dikutip dari Daily Mail.

Continue Reading

EKONOMI & BISNIS

Garuda Indonesia Rugi Triliunan Tiap Bulan, Kartika: Sudah Tak Mungkin Dilanjutkan

Acehtimes

Published

on

Ilustrasi | foto net

ACEHTIMES.ID | JAKARTA – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, di ambang kebangkrutan ketika harus menelan kerugian hingga USD100 juta per bulan atau setara Rp 1,429 triliun (Kurs Rp 14.400 per dolar AS). Hal itu berdasarkan data dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang disebabkan okupansi penumpang yang menurun signifikan selama pandemi Covid-19.

Wakil Menteri (Wamen) BUMN , Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, dalam sebulan beban biaya operasional sebesar 150 juta dolar AS Sedangkan pendapatan hanya mencapai 50 juta dolar AS.

“Jadi memang sudah tidak mungkin lagi kita lanjutkan dalam kondisi seperti ini. Memang kita harapkan dukungan dari anggota dewan untuk masuk dalam proses restrukturisasi berat,” ujar Tiko sapaan akrab Kartika saat Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR, Kamis (3/6/2021).

Pemegang saham mencatat, upaya restrukturisasi setidaknya membutuhkan waktu selama 270 hari dengan proses hukum yang panjang dan melelahkan. Selain itu, prosesnya juga akan dilakukan lembaga keuangan global. Lantaran, kreditur Garuda berasal dari investor dan perbankan global.

Dalam proses restrukturisasi, pemerintah tengah menunjuk konsultan hukum dan konsultan keuangan dalam waktu dekat ini. Sembari menunggu proses restrukturisasi, pemegang saham terus menjaga arus keuangan perusahaan. Bahkan, penundaan penerbangan pun akan dilakukan untuk rute-rute yang kurang produktif dan mendatangkan untung bagi perseroan.

“Memang ada risiko kalau proses restrukturisasi ini kemudian kreditor tidak menyetujui atau akhirnya banyak tuntutan-tuntutan legal terhadap Garuda Indonesia. Bisa terjadi tidak mencapai kuorum dan akhirnya bisa jadi menuju kebangkrutan. Ini yang kita hindari,” kata dia.

Tiko juga mencatat, apabila proses restrukturisasi berjalan dengan lancar dan mengalihkan biaya operasional, maka dapat menghemat pengeluaran hingga 50% lebih. Kondisi ini akan dapat menambah nafas perseroan hingga kondisi industri penerbangan semakin kondusif.

“Restrukturisasi membutuhkan negosiasi dan proses hukum yang berat karena melibatkan banyak pihak dan tentunya harapan kita cost menurun dan kita juga mau tidak mau cost harus dipotong lebih rendah lagi,” tuturnya.| sindo

 

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: