Connect with us

INTERNASIONAL

Roket Hantam Pangkalan AS di Irak, 1 Kotraktor Tewas

Acehtimes

Published

on

Acehtimes.id | Bagdag – Seorang kontraktor sipil tewas dan satu tentara Amerika Serikat terluka akibat serangan roket ke bandara Erbil di utara Irak, Senin (15/2).

Salah satu roket menghantam kompleks militer yang menjadi basis koalisi pasukan Amerika Serikat.

Juru Bicara Operation Inherent Resolve Kolonel Wayne Marotto mengatakan lima kontraktor juga dilaporkan terluka dalam insiden tersebut.

“Laporan awal bahwa Indirect Fire mendarat di pangkalan pasukan koalisi di Erbil. Ada 1 kontraktor sipil tewas, 5 kontraktor sipil terluka dan 1 anggota layanan AS terluka. Informasi lebih lanjut menyusul,” tulis Marotto di Twitter.

Dikutip dari CNN, seorang pejabat pertahanan mengatakan empat dari lima kontraktor yang terluka adalah warga negara Amerika.

Sementara kewarganegaraan kontraktor yang tewas tidak diungkap. Namun pejabat pertahanan mengatakan laporan awal menunjukkan bahwa korban bukan orang Amerika.

Sebanyak tiga roket menyerang bandara Erbil, salah satu di antaranya menghantam kompleks militer yang menjadi basis koalisi pasukan AS.

Reporter AFP melaporkan terdengar beberapa kali ledakan besar sekitar pukul 09.30 waktu lokal di barat laut Erbil, ibu kota wilayah otonom Kurdistan.

Sumber keamanan Irak dan koalisi AS mengatakan setidaknya tiga roket diarahkan ke bandara.

Video dari tempat kejadian menunjukkan satu roket mendarat di jalan perkotaan yang sibuk, menimbulkan percikan api dan kepulan asap.

Pemerintah setempat meminta penduduk untuk tidak keluar rumah saat pihak berwenang menyelidiki insiden tersebut.

Hingga kini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. AS saat ini mengumpulkan intelijen untuk mencoba menyelidiki dari mana roket itu diluncurkan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa AS marah besar dengan serangan itu.

“Kami menyampaikan belasungkawa kepada orang-orang terkasih dari kontraktor sipil yang tewas dalam serangan ini, dan kepada rakyat Irak yang tidak bersalah serta keluarga mereka yang menderita tindakan kekerasan yang kejam ini,” katanya.

Blinken berbicara dengan Perdana Menteri Pemerintah Daerah Kurdi Irak (KRG) Masrour Barzani untuk membahas serangan itu. Termasuk memberi dukungan atas upaya penyelidikan dan meminta pertanggungjawaban pihak yang terlibat.

Hujanan roket ini merupakan yang pertama menyasar fasilitas diplomatik AS di Irak sejak dua bulan terakhir.

Fasilitas militer dan diplomatik AS dan negara Barat kerap menjadi sasaran puluhan roket dan serangan bom sejak 2019 lalu. Sebagian besar serangan terjadi di Baghdad.

AS dan Irak menyalahkan kelompok bersenjata termasuk faksi pro-Iran Kataeb Hisbullah dan Asaib Ahl al-Haq terhadap serangan-serangan tersebut.

Kedua kelompok itu sangat menentang kehadiran tentara AS dan koalisi asing sejak 2014 itu. Koalisi AS hadir di Irak untuk membantu militer negara itu melawan kelompok ISIS.

Setelah kejatuhan ISIS, koalisi asing telah memulangkan lebih dari 3.500 pasukan, termasuk 2.500 personel AS.

Sumber koalisi menuturkan basis bagi sebagian besar koalisi asing itu berada di kompleks militer bandara Erbil.

Pada Oktober lalu, AS mengancam akan menutup kedutaan besarnya di Baghdad jika serangan roket tak berhenti. Hal itu membuat kelompok ekstremis setuju menerapkan gencatan senjata. |CNN|ASLP|

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INTERNASIONAL

Warga Gaza Sambut Ramadhan dalam Keterpurukan Ekonomi

Acehtimes

Published

on

Warga Palestina di Jalur Gaza | foto net

ACEHTIMES.ID | PALESTINA – Warga Palestina di Jalur Gaza  menyambut bulan Ramadhan di bawah bayang-bayang kesulitan ekonomi yang disebabkan blokade Israel dan pandemi virus corona. Lebih dari separuh penduduk di Jalur Gaza saat ini hidup di bawah garis kemiskinan. 

Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tingkat pengangguran di JalurGaza hampir mencapai 50 persen dari sekitar 2,1 juta populasinya. Tingginya tingkat pengangguran di Gaza disebabkan oleh blokade Israel di darat, laut, dan udara selama 15 tahun.  

Selain itu, pandemo virus korona juga telah menyebabkan memburuknya situasi ekonomi di wilayah tersebut. Terlepas dari semua kesulitan ini, warga Palestina tetap pergi ke pasar untuk berbelanja persiapan  Ramadhan. 

“Kami meminta pemerintah mengambil langkah serius untuk membantu kami di masa sulit ini,” ujar seorang warga Gaza, Farooq Hashim Amar kepada Anadolu Agency.  


“Saat situasi ekonomi memburuk, wabah Covid-19 mempengaruhi berbagai bidang di Gaza. Orang-orang melakukan yang terbaik untuk membuat anak-anak mereka bahagia,” kata Amar menambahkan. 

Amar meminta negara-negara Muslim untuk memberikan bantuan kepada rakyat Gaza. Pada awal Maret, Gaza mengkonfirmasi kasus harian virus korona sekitar 200 infeksi. Menurut data Kementerian Kesehatan, wilayah Palestina telah melaporkan lebih dari 81 ribu infeksi, dengan 677 kematian. 

Sistem kesehatan Palestina sebelumnya telah berada dalam situasi sulit akibat blokade Israel. Selama pandemi Covid-19, sistem kesehatan Palestina berada di ambang kehancuran karena kekurangan obat-obatan dan peralatan. | ROI

Continue Reading

INTERNASIONAL

Jamaah Tarawih di Masjidil Haram terapkan protokol kesehatan

Acehtimes

Published

on

ACEHTIMES.ID | ARAB SAUDI – Dalam spiritualitas yang tinggi dan suasana penuh keyakinan, jamaah melaksanakan shalat Tarawih pertama di Masjidil Haram pada malam pertama Ramadhan, dengan tetap mematuhi semua tindakan pencegahan dan protokol kesehatan.

Setiap individu yang sudah divaksin dan menerima izin melalui aplikasi Tawakkalna diperbolehkan masuk ke masjid untuk melaksanakan Tarawih dan sesuai dengan kategori imunisasi.

Kategori imunisasi yaitu seseorang yang mendapat dua dosis vaksin COVID-19. Kemudian, seseorang yang setelah 14 hari menerima dosis pertama vaksin COVID-19 serta yang sembuh dari infeksi.

Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengintensifkan upaya desinfeksi, sterilisasi, dan operasi, selain distribusi botol air Zamzam sekali pakai kepada para pengunjung dan jamaah.

Presidensi Umum juga mengawasi pergerakan di dalam Masjidil Haram, membuka gerbang Masjidil Haram, mengatur masuk dan keluarnya pengunjung, mengidentifikasi jalur yang dialokasikan untuk penyandang disabilitas, di antara banyak layanan lainnya.

Selain itu, Presidensi Umum mengelola pergerakan di dalam Masjidil Haram dan alun-alunnya melalui pengawas yang tersebar di koridor utama dan sekunder untuk memastikan arus jamaah dan pengunjung berjalan lancar di antara berbagai area di Masjidil Haram dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di dalam Masjid.

Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci juga telah merekrut lebih dari 100 petugas gerbang untuk menerima jamaah dan mengarahkan mereka ke tempat-tempat yang ditentukan dan telah mengintensifkan layanan penyediaan air bagi pengunjung dan jamaah serta sesuai dengan protokol kesehatan.

Selain itu, Presidensi Umum telah menyiapkan rencana dan mekanisme di mana jumlah wadah air ditingkatkan menjadi 27.000 yang didistribusikan dengan kendaraan khusus.

Presidensi Umum sangat ingin mempertahankan operasi sterilisasi sepanjang waktu. Sekitar 5.000 liter bahan disinfektan digunakan untuk mensterilkan semua permukaan dan lantai guna menciptakan suasana yang sehat dan bebas pandemi, selain mengerahkan lebih dari 45 tim lapangan untuk bekerja 24 jam untuk mensterilkan Masjidil Haram dan bujur sangkar luarnya serta mendistribusikan lebih dari 300 perangkat sterilisasi tangan berkualitas tinggi. | ANT

 

 

Continue Reading

INTERNASIONAL

Ada Tulisan Allahu Akbar di Jet Tempur Kerjasama Indonesia-Korsel

Acehtimes

Published

on

Jet tempur karya industri penerbangan Korea Aerospace Industry Ltd (KAI) | foto net

ACEHTIMES.ID | KOREA SELATAN – Korea Selatan (Korsel) meluncurkan jet tempur karya industri penerbangan dalam negeri mereka, Korea Aerospace Industry Ltd (KAI), pada Jumat (9/4). Jet tempur bernama KF-X (Korean Fighter Experimental) itu, juga dikembangkan atas kerja sama dengan Indonesia.

Karenanya, di bagian ujung nama jet tempur itu juga disematkan tambahan IF-X (Indonesian Fighter Experimental), sehingga namanya menjadi KF-X/IF-X.

Saat acara peluncuran, Presiden Jokowi hadir secara virtual dan memberikan sambutan. Sementara Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, hadir secara fisik bersama Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in dan Menteri Pertahanan Korea Selatan, Y.M Suh Wook.

Acara peluncuran itu juga ditayangkan di platform berbagi video, Youtube. Yang menarik dari tayangan tersebut, ada satu momen di acara peluncuran itu, saat jet tempur KF-X/IF-X itu disinari permainan cahaya. Dan salah satunya berupa tulisan berlafaz ‘Allahu Akbar’ dalam aksara Arab.

Hal ini memang hanya berlangsung beberapa detik, yakni pada menit 36.19, sebelum akhirnya sorotan lampu memendarkan cahaya lain. Seperti diketahui, Korea Selatan bukanlah negara Islam. Mayoritas agama penduduknya pun bukan muslim. Hal ini sangat berbeda dengan Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim.

Momen munculnya lafaz ‘Allahu Akbar’ itu muncul, saat jet tempur KF-X/IF-X dibalut sorot cahaya yang menggembarkan bendera berbagai negara yang jadi stakeholder proyek pembuatan pesawat tersebut. Sebelumnya dalam sorot cahaya lampu, juga muncul bendera Merah Putih milik Indonesia, setelahnya ada bendera Amerika Serikat, yang ikut berkontribusi dalam teknologi jet tempur ini.

Tulisan ‘Allahu Akbar’ itu muncul diperkirakan sebagai bagian dari bendera Irak, yang menjadi salah satu negara yang diincar untuk membeli produk KAI itu.

Proyek pengembangan jet tempur KF-X/IF-X ini menelan dana USD 7,3 miliar atau lebih dari Rp 102 triliun. Dalam kesepakatan kerja sama, Indonesia dan Korea Aerospace Industry (KAI) akan menanggung masing-masing 20 persen biaya atau setara USD 1,46 miliar. Sisanya sebesar 60 persen atau USD 4,38 miliar ditanggung Pemerintah Korsel. (*)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: